5 Tips Berlibur Dengan Uang Pas-pasan



5 Tips Berlibur Dengan Uang Pas-pasan [ www.BlogApaAja.com ]

Uang yang terbatas bukan berarti liburan jugaharus dibatasi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap berlibur meskikantong sedang tipis. Berikut 5 tips berlibur asyik dengan uang pas-pasan.



Meski dana yang dimiliki tidak terlalu besar,Anda tetap bisa menikmati liburan dengan menyenangkan. Inilah 5 tips berliburdengan uang pas-pasan yang disusun oleh detikTravel :

1. Gunakan angkutan umum termurah



Jika selama ini Anda berlibur denganmenggunakan pesawat, karena uang pas-pasan kini saatnya liburan denganmenggunakan angkutan umum. Anda bisa menggunakan kereta, bis, atau kapal ferry.Masing-masing angkutan umum tersebut tergolong murah dan mudah ditemui. Selainbisa menghemat pengeluaran, Anda pun bisa mengenal banyak orang baru yangditemui di sepanjang perjalanan. Siapa tahu kenalan baru Anda bisa menunjukkantempat-tempat liburan yang asyik dan terjangkau kantong. Asyik kan?

2. Menginap di tempat teman atau saudara



Memiliki saudara yang tinggal di luar kotajadi keuntungan tersendiri bagi Anda yang senang traveling. Dengan begitu, Andabisa menginap di rumah saudara. Jika tidak memiliki saudara yang tinggal diluar kota, Anda bisa menginap di rumah teman yang tinggal di kota tempat Andaliburan. Menginap di tempat teman atau saudara bisa menekan pengeluaran liburancukup besar.

Harga penginapan murah kira-kira Rp 150.000per malam, bayangkan berapa yang bisa Anda hemat jika menginap di rumah teman atausaudara selama 3 hari. Selain lebih murah, Anda pun bisa kenal lebih dekatdengan teman dan saudara.

3. Siasati pengeluaran makan



Menghemat pengeluaran saat liburan bisadilakukan dengan cara membatasi biaya makan. Jika selama ini Anda menganggap makandi restoran fast food sudah cukup murah, coba dulu makan di tempat lain. Andabisa makan di warteg atau warung makan kaki lima yang tersebar di pinggirjalan. Tempat makan ini jauh lebih murah dari restoran fast food. Biasanyawarung makan kaki lima selalu menyediakan minum air putih atau teh tawarhangat, gratis. Lumayan kan?

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikandalam memilih warung pinggir jalan. Perhatikan kebersihan dan makanan diwarung. Lihat baik-baik apakah banyak lalat yang berkeliaran atau apakahmakanan yang disajikan masih dalam keadaan baik. Meski hemat, Anda tetap harusmemperhatikan kesehatan.

4. Kunjungi tempat wisata yang gratis



Berwisata tidak harus ke tempat yang memilikitiket masuk mahal. Anda pun bisa tetap senang-senang di tempat yang gratisnamun tidak kalah seru dengan tempat wisata berbayar. Anda bisa mendatangialun-alun kota untuk menikmati suasana sebenarnya kota tersebut. Jika sedangberuntung, Anda bisa menikmati acara yang digelar di sana.

Selain alun-alun, Anda pun bisa berkunjung kepasar tradisional. Menjelajahi deretan sayuran, makanan dan barang-baranglainnya, bisa jadi hiburan tersendiri. Selain itu, menikmati komunikasi antarpenjual dan pembeli juga bisa membuat Anda merasa lebih dekat dengan kehidupandi kota yang sedang Anda kunjungi. Pantai, pura dan taman kota juga bisa jadivariasi tempat wisata gratis lainnya untuk bahan pilihan Anda.

5. Urungkan niat belanja Anda



Dengan uang yang pas-pasan, sudah semestinyakata belanja dicoret dari daftar kegiatan Anda. Tidak perlu belanja jika tidakterlalu mendesak. Anda harus melawan keinginan belanja yang sudah menggila,ingat, uang Anda terbatas. Hal ini juga berpengaruh dengan oleh-oleh. Karenakantong tipis, Anda tidak perlu membeli oleh-oleh. Jika tetap merasa tidak enakdengan keluarga dan teman di rumah, Anda bisa membeli oleh-oleh yang banyaknamun murah seperti kerupuk atau keripik.


Follow On Twitter